Friday, December 21, 2007

Yang bisa didapat dr apotek hidup

JAHE

Hasil penelitian para ahli di The Purdue School of Pharmacy, Indiana, Amerika Serikat menyebutkan, jahe direkomendasikan untuk meredakan mabuk perjalanan, khususnya mabuk laut. Bahkan, ada bukti yang lebih kuat bahwa jahe dapat mengurangi rasa mual pasca pembedahan

Untuk mendapatkan manfaat jahe:

Sebagian besar penelitian menggunakan jahe dalam bentuk bubuk dengan dosis 1 gram per hari. Jadi, jika Anda punya rencana mancing di kepulauan Bahama, minum air yang telah dicampur 1 gram jahe, 20 menit sebelum kapten kapal bilang ,"Mari kita kemon!." Jika Anda mulai merasa mual, minum lagi secukupnya.

GINKGO BILOBA

Ini soal kepuasan Anda dan si Dia… memiliki penis dengan ereksi yang kuat...hhmmmm. Tertarik? Sebuah riset merekomendasikan pengobatan herbal dengan ginkgo biloba yang diakui ampuh untuk meningkatkan peredaran darah. Ginkgo sebelumnya telah berhasil membantu orang dengan masalah kepikunan jangka pendek, tinnitis(telinga berdenging), peredaran darah ke kaki tersumbat, sakit kepala, atau bahkan vertigo yang disebabkan masalah sirkulasi darah pada otak. Kini, ginkgo juga efektif menolong masalah ereksi - sejauh masalahnya bersumber pada arteri yang tersumbat .

Untuk mendapatkan manfaat ginkgo biloba:

Dalam suatu penelitian, 50 orang pria impoten diobati dengan 240 mg ekstrak ginkgo (GBE) selama sembilan bulan. Sebagian dari pria tersebut juga menerima suntikan obat pendorong ereksi papaverine. Hasilnya, ginkgo terbukti meningkatkan ereksi pada kedua grup, baik yang menerima papaverine maupun yang tidak. Sedangkan penelitian pada 60 orang pasien yang tidak menunjukkan respon terhadap papaverine menyebutkan, 50% diantaranya kembali normal setelah mengonsumsi 60 mg GBE setiap hari selama enam bulan.

GBE dapat diperoleh di toko obat dalam bentuk pil. Dosis yang direkomendasikan adalah 40 mg per tablet, sebanyak tiga kali sehari sesudah makan.

BAWANG PUTIH

Mengkonsumsi bawang putih sebanyak satu siung setiap hari selama beberapa bulan, dapat menurunkan total kolestrol hingga 9%. Khasiat paling nyata adalah pada orang yang memiliki total kolestrol tinggi atau di atas 240 mg/dl. Manfaat lainnya, trigliserida Anda juga bisa turun hingga 15%. Zat ampuh yang membuat kolesterol ngeper pada bawang putih disebut allicin.

Untuk mendapatkan manfaat bawang putih:

Masalahnya, proses memasak dapat menurunkan daya tempur allicin. Cara terbaik mendapatkan allicin adalah dengan memakan mentah. Bisa juga dengan bubuk bawang putih yang telah dikeringkan dan dikapsulkan dalam bahan anti asam.

TEH HIJAU

Salah satu kandungan teh hijau bernama polyphenol terbukti ampuh meningkatkan daya tahan tubuh terhadap bakteri, termasuk salmonella. Penelitian pada tiga kelompok tikus - kelompok I mendapat polyphenol 10 mg/hari, kelompok II 5 mg/hari, dan kelompok III tidak mendapat polyphenol - menunjukkan adanya peningkatan daya tahan tubuh tikus yang telah mendapatkan polyphenol, saat diinfeksi dengan bakteri salmonella.

Untuk mendapatkan manfaat teh hijau:

Minum the setiap hari atau carilah suplemen yang mengandung ekstrak polyphenol sesuai dosis.

CABAI MERAH, CABAI HIJAU

Salah satu komponen penting dalam cabe bernama capsaicin, ampuh dalam melancarkan peredaran darah akibat nyeri otot atau radang sendi. Fakta ini didukung penelitian terhadap 22 penderita neuropati akibat penyakit diabetes, yang rasa sakitnya jauh berkurang setelah dibaluri capsaicin 4 kali sehari.

Untuk mendapatkan manfaat cabai:

Masukkan serbuk cabe merah atau cabe rawit ke dalam air panas, aduklah, lalu biarkan beberapa menit. Kemudian hasil seduhannya digunakan untuk membaluri bagian yang sakit.

Cabe jawa banyak khasiatnya

Buah cabe jawa mengandung minyak atsiri, piperina, piperidina, hars, zat pati, dan minyak lemak. Menurut catatan, tanaman cabe jawa memiliki beberapa khasiat, antara lain diuretik, sudorifik, stomakik, karminatif, ekspektoran, dan kolagog. Namun, ibu hamil dilarang mengonsumsi cabe jawa karena bisa mengganggu kehamilan. Beberapa ramuan tradisional dari cabai jawa antara lain:

1. Bangkitkan vitalitas

Sediakan 30 gram cabe jamu yang sudah dibuat bubuk, 3 batang petai cina kering yang ditepungkan, 2 butir kuning telur, dan 1 sendok makan madu. Caranya, ambil kuning telur lalu aduk, masukkan bubuk cabe jawa dan tepung petani cina, tambahkan lagi madu. Aduk sampai merata. Minum setiap hari. Ramuan ini berguna untuk membangkitkan vitalitas dan selera seksual.

2. Sembuhkan lemah syahwat
Siapkan 25 gram cabe jamu yang sudah dibuat bubuk, 15 gram pulosari juga dibubukkan, 1 siung bawang putih, 2 butir kuning telur, dan 1 sendok makan madu. Caranya, cabe jawa, pulosari, dan bawang putih ditumbuk lagi sampai halus. Aduk-aduklah. Tambahkan kuning telur dan madu, lantas diaduk hingga merata. Minum secara teratur selama 1 bulan.

3. Obat liver
Obat ini dipakai untuk penderita lever yang buang air tidak teratur dan tinja berwarna hijau tua. Sediakan 3 butir cabe jawa, 1 jari tangan rimpang lempuyang, dan air secukupnya. Caranya, cabe jawa dan lempuyang dicampur, lalu tumbuk dan gerus. Tambahkan air secukupnya, lalu peras dan saring. Sekali minum sebanyak 100 ml. Bila penderita sudah lancer buang air bersih, berhentilah meminumnya.

4. Usir pegal dan kembung
Ambil 2 butir cabe jawa dan 1 rimpang lempuyang. Cuci sampai bersih, lalu tumbuk halus. Oleskan atau tempelkan di bagian tubuh yang pegal atau di bagian perut.

CAPEK HILANG DENGAN CABE PUYANG
Jamu cabe puyang sudah kesohor sejak dulu. Hampir setiap penjual jamu gendong pasti menyediakan jamu cabe puyang ini. Rasanya sedikit pedas, ada aroma manisnya, dan yang pasti segar. Khasiatnya, sembuhkan pegal dan linu-linu pada pinggang, atau mengusir capek. Anda mau bikin sendiri?

Sediakan 1 genggam cabe jawa kering, 1 ons lempuyang, 1/2 ons kencur, 2 ibu jari kunir, 1 1/2 ons beras, 3/4 ons asam kawak, 1/2 kg gula merah, 2 liter air, dan garam secukupnya. Langkah pertama, gula jawa dan asam kawak plus air direbus sampai mendidih. Setelah itu, angkat dan tambahkan garam, lalu aduk merata. Biarkan sampai dingin dan saring hingga diperoleh larutan hasil penyaringan.

Langkah kedua, kupaslah lempuyang, kunir dan kencur. Cuci bersih dan iris tipis-tipis, tambahkan cabe jawa dan beras serta sedikit air matang. Setelah itu, blender sampai halus, kemudian peras dan saring dengan kain penyaring yang bersih. Campurkan hasil saringan bahan-bahan tersebut ke dalam larutan gula merah dan asam kawak tadi.


No comments: