Friday, December 28, 2007

5 Hal yang Anda Tidak Ketahui Tentang Air

Banyak yang bilang satu buah apel setiap hari menjauhkan dokter dari Anda, tetapi apa yang dapat dilakukan delapan gelas air untuk tubuh kita? Air memberikan kontribusi penting untuk tubuh. Hampir semua sel dalam tubuh membutuhkan air untuk berfungsi dengan benar. Tak percaya? Cek fakta berikut.

Berikut lim ahal yan Anda tidak tahu tentang air yang akan membuat Anda mulai meminum delapan gelas air per hari.

1. Karena 80% jaringan otak terdiri dari air, sangatlah penting untuk membuatnya tetap lembab karena dehidrasi dapat menurunkan konsentrasi dan performa otak. Air membantu cairan yang membawa protein dan enzim dalam otak sampai ke tujuan. Air juga mencuci otak dari radikal bebas yang merusak sel dan mengakibatkan berbagai penyakit.

2. Arhtritis (radang sendi), kanker, dan penyakit jantung merupakan penyakit serius yang dapat dicegah dengan minum air. Sambungan antarsendi memiliki bantalan yang menjadi peredam getaran dan melumaso persendian. Jika banyal air tersedia, friksi antarsambungan lebih sedikit dan kemungkinan Anda terkena arthritis semakin berkurang. Air juga membuang racun dari tubuh sehingga meminimalkan risiko terkena kanker. AIr juga membuang kelebihan garam pada tubuh yang menjadi penyebab naiknya tekanan darah sehingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

3. Lapar? COba minum segelas air. Air tidak mengandung kalori atau lemak dan terbukti sebagai penahan lapar. Air juga mempercepat metabolsime tubuh dan mempercepat pembakaran kalori.

4. Air membantu produksi cairan ludah yang dapat mencegah lubang pada gigi karena air ludah menetralkan peningkatkan asam pada lapisan enamel gigi.

5. Manusia umumnya kehilangan dua sampai tiga gelas air perhari melalui proses bernapas dan keringat serta empat sampai lima gelas air melalui buang air dan olahraga. Nah, cairan yang hilang tersebut perlu diganti, namun jangan berlebihan. Hal ini dapat mengakibatkan masalah pada pencernaan, mual, bahkan koma. Namun tak perlu panik, orang dewasa yang sehat baru bisa overhydrated jika meminum air hingga dua galon dalam sehari.

Sumber: Area

No comments: